Selasa, 12 November 2013

BINAR: Menghadapi Ujian Semester, Santri Dikuatkan Pemahaman Sholat Berjamaah

Gambar : Ustadzah Farah sedang Tausyiah dihadapan para santri perserta BINAR

Samarinda – Rumah Quran (RQ) Al- Muhajirin kembali mengadakan pembinaan bulanan kepada santri dalam program Bina Akhlak Santri (BINAR) pada hari sabtu (9/11) di Langgar Al-Muhajiri Jl. Flamboyan, Loa Buah. Pembinaan yang diikuti oleh 24 santri ini mengambil tema “Yuk Shalat Berjamaah, Semakin di Sayang Allah”.

Agenda diawali dengan rangkaian pembukaan serta pembacaan ayat suci Al-Quran oleh salah satu santri RQ Al-Muhajirin yang bernama Teti Nur Hamidah. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu bersama-sama untuk membuat semangat para santri. Setelah selesai menyanyi, kemudian diisi dengan tausyiah oleh ustadzah Farah Setiawati. Perempuan yang juga menjadi pengajar di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darul Fata ini memberikan semangat kepada para santri agar semangat mengerjakan shalat berjamaah di masjid maupun langgar dekat rumah mereka.

“Ramaikan langgar dan masjid dengan sholat berjamaah, insya Allah banyak pahala dan kebaikan di dalamnya”, tutur ustadzah Farah.

Acara ditutup dengan doa sekaligus sholat Ashar berjamaah. Setelah shalat ashar usai, para santri diajak makan bersama pengajar RQ Al-Muhajirin.

Salah seorang santri RQ Al-Muhajirin yang mengikuti pembinaan mengaku merasa senang dengan kegiatan pembinaan yang diselenggarakan ini. Apalagi materi yang disampaikan sangat mengena bagi dirinya.

“Penyampaian materinya bagus, ustadzahnya asyik sebelum materi dimulai. Setelah mengetahui keutamaan shalat berjamaah, saya harus berusaha shalat berjamaah setidaknya di rumah”, ujar Teti dengan semangat.

BINAR kali ini cukup istimewa dikarenakan mendekati waktu ujian semester bagi para santri. Diharapkan pembinaan yang telah berlangsung dapat memberikan pemahaman yang baik kepada santri agar ketika menghadapi ujian tidak hanya belajar materi yang akan diujikan saja, akan tetapi juga menguatkan hubungan kepada Allah. Keistimewaan ini juga ditambahkan dengan sumbangan 2 dus minuman oleh salah seorang wali santri RQ Al-Muhajirin. Sehingga semakin mempererat tali silaturrahmi antar pengurus RQ dan para santri dan walinya.

0 komentar:

Posting Komentar