Sabtu, 13 Juli 2013

Roadshow Selama Ramadhan, KNRP Gandeng DPU Kaltim



Samarinda – Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) bersama DPU Kaltim menggelar tabligh akbar sekaligus penggalangan dana kemanusiaan untuk Palestina pada hari sabtu (13/7/2013) di masjid Darunni’mah, Sungai Kunjang, Samarinda. Tabligh Akbar ini merupakan rangkaian roadshow KNRP di Indonesia selama bulan Ramadhan. 

KNRP menghadirkan narasumber yang berasal dari Palestina, yaitu Syeikh Mahmud Muhammad Shiyam. Beliau merupakan salah satu anggota Rabithah Ulama Palestina, atau kalau di Indonesia dikenal dengan Majelis Ulama Indonesia. 

Syeikh Shiyam mengawalinya dengan mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat Indonesia, karena agenda safari beliau beberapa tahun ke belakang selalu berjalan lancar. Kemudian beliau menampilkan gambar dan video kondisi terkini di Gaza, Palestina. 

Melalui penerjemah dari Tim KNRP, disampaikan bahwa kondisi mereka masih belum baik. Karena penyerangan yang sering dilakukan oleh tentara Israel masih belum terhenti. Apalagi semenjak ditutupnya Perbatasan , Keadaan warga Gaza yang sempat terbantu akhirnya kembali menderita karena ditutupnya akses ke luar. 

“Rakyat kami dulu seperti orang yang tercekik. Alhamdulillah ketika di Mesi r terjadi pergantian presiden kepada Mursi, kami terbantu dengan dibukanya gerbang Rafah. Akan tetapi karena ditutup kembali (red: karena sedang terjadi konflik di Mesir), rakyat kami kembali seperti orang yang tercekik.” Ungkap Syeikh Shiyam. 

Beliau juga menceritakan salah satu kejadian unik yang terjadi pada salah seorang pejuang Palestina. Seorang Pejuang Palestina yang tertembak bagian dadanya, akan tetapi tidak mati karena peluru yang menembus tertahan Alquran yang sedang dikantonginya. 

Tabligh Akbar ini ditutup dengan doa dan pengumuman donasi yang terkumpul sementara. Setidaknya tidak kurang dari uang tunai senilai Rp 40.000.000, 100 USD, 30 keping real, 1 buah kalung emas dan 2 buah cincin. kemudian dilakukan pelelangan benda kerajinan miniatur berbentuk komplek masjid Al-Aqso. Hasil pelelangan ini akan digunakan untuk dana kemanusiaan di Palestina. 

KNRP Kalimantan Timur berharap agenda roadshow ini akan berjalan lancar tanpa ada kendala. Setelah dari Balikpapan dan Samarinda, rombongan akan melanjutkan perjalanan ke beberapa kota di Kalimantan Timur serta Kalimantan Utara. 

“Kemarin kami di Balikpapan. Hari ini di Samarinda. Setelah ini kami akan melanjutkan perjalanan ke Bontang, Kutai Timur, dan beralih kea rah utara Kalimantan seperti kota Nunukan.” Papar Ketua KNRP wilayah Kalimantan Timur, bapak Ali Hamdi. 

LAZ DPU Kaltim melalui Rahmad, Manager dari Marketing Communication LAZ DPU Kaltim mengungkapkan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu terlaksananya acara ini. “Kami mohon maaf apabila publikasi dan pelaksanaan acara seakan mendadak. Tapi Alhamdulillah walaupun kita hanya melaksanakan koordinasi yang singkat, acara dapat terlaksana dengan baik”, ujar beliau. 

Sebelumnya, sudah dilaksanakan juga penggalangan dana kemanusiaan untuk Palestina di masjid Istiqlal jalan Jakarta, Loa Bakung Samarinda. Acara yang dilaksanakan pada subuh itu terkumpul donasi sebesar Rp 15.000.000.

0 komentar:

Posting Komentar