Rabu, 10 Juli 2013

Yuk Mengenal Puasa - Part 1



Siapa yang tidak mengenal puasa Ramadhan? Seorang muslim yang sudah baligh dan mampu maka senantiasa dituntut untuk menjalan kan ibadah tersebut. Ada yang baru belasan tahun, bahkan ada yang telah puluhan tahun!!

Tapi tahukah anda? Ternyata walau amalan ibadah ini sangat populer, ternyata ada saja yang sudah baligh tapi masih saja belum puasa. Banyak alasannya, dari gak tahu, gak mampu, dll.

Nah untuk itu penting bagi kita mengetahui ibadah yang kita jalani ini. Kami akan jelaskan sedikit mengenai puasa di bulan Ramadhan.

PENGERTIAN PUASA
Puasa (ash-shiyaam) menurut bahasa artinya adalah sama dengan "al-imsaak" yaitu menahan. Pengertian puasa menurut istilah syara' ialah suatu amal ibadah yang dilaksanakan dengan cara menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan puasa mulai dari terbit fajar sampai terbenam matahari disertai niat karena Allah dengan syarat dan rukun tertentu.

SYARAT PUASA
1. Syarat Wajib: Islam; Baligh dan berakal; Suci dari haidh & nifas; Mampu berpuasa.
2. Syarat Syah: Islam; Tamyiz; Suci dari haidh dan nifas; Bukan pada hari-hari yang diharamkan untuk berpuasa.

RUKUN PUASA
1.Niat, yaitu menyengajakan puasa di bulan Ramadhan yang dilaksanakan pada malam hari (sebelum terbit fajar). Dari Hafshah Ummum Mu'minin ra, bahwa Nabi SAW bersabda : "Siapa yang tidak menetapkan niat puasa sebelum fajar maka tidak sah puasanya." (HR. Imam yang lima).
2. Imsak (menahan), yaitu menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan puasa mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

0 komentar:

Posting Komentar