Rabu, 10 Juli 2013

Pembekalan Mudarisah Jelang Ramadhan dan Semester Ajaran Baru



Samarinda – Menjelang dimulainya ajaran baru, LAZ DPU Kaltim melakukan pembekalan kepada pengajar/mudarisah Rumah Qur’an (RQ) melalui program Sekolah Mudarisah pada hari Rabu (10/07/2013) di komplek Ma’had Al Fajar, Samarinda Ulu. Pembekalan dengan tema “Menjadi Guru Kreatif & Inovatif” ini dilakukan guna menyiapkan Mudarisah dalam menghadapi bulan Ramadhan dan Semester Ajaran Baru.

Menggandeng seorang guru di salah satu Sekolah Luar Biasa (SLB) di Samarinda, para peserta diajak untuk memotivasi santri untuk mewujudkan kecintaan mereka dalam mempelajari Al-Qur’an. 

“Perlunya motivasi belajar Al-Qur’an kepada para santri, sehingga mereka (red: santri) datang ke RQ dengan kecintaan dan kebanggaan akan Al-Qur’an”, ujar guru yang bernama Lilik Farida ini. 

Beliau juga menambahkan bahwa jika para pengajar menemukan santri yang dinilai “unik” (red: sulit diatur), sebagai pengajar jangan menghadapinya dengan kemarahan. 

“Jika menemukan ada santri unik, tetapi pendidik hanya bisa marah dan tidak memperoleh solusinya, menandakan bahwa sesungguhnya yang ‘unik’ adalah pengajarnya”, sentil wanita yang juga lulusan sarjana pendidikan ini. 

Pembekalan ditutup dengan pemberian arahan dari pihak LAZ DPU Kaltim dalam menghadapi semester ajaran baru yang bertepatan dengan bulan Ramadhan. 

RQ merupakan salah satu program unggulan dari Direktorat Pusat Dakwah Islam (PUSDAI) LAZ DPU Kaltim. Sementara ini telah berdiri 5 RQ yang tersebar di kota Samarinda dengan jumlah santri lebih dari 400 anak. Tercatat sudah lebih dari 3 tahun RQ terus mengalami perbaikan sarana dan prasarana penunjang pembelajaran. Saat ini sedang dibangun salah satu kantor RQ untuk memberikan pelayanan terbaik untuk para santri yang kebanyakan kaum dhuafa.

0 komentar:

Posting Komentar